Cara Kerja Fitur Recycle Bin di Android 12

Google diberitakan akan menghadirkan fitur recycle bin pada pembaruan system operasi Android 12. Selama ini, fitur tersebut haya terlihat pada system operasi desktop.

Fitur recycle bin ditemukan sesudah pemeriksaan beragam kode android 12 yang akan dirilis tahun ini. Fitur ini ditemukan di pengaturan storage.

Dilansir dari XDA Developers, fitur apa pun yang terungkap saat ini mungkin tidak akan muncul di rilis mendatang. Sebab, fitur-fitur  tersebut masih sebatas pengembangan dan dapat ditarik kapan saja oleh pengembang.

Tahun lalu, Google sebenarnya telah menghadirkan fitur yang mirip dengan recycle bin pada Android 11. Fitur yang bernama Scoped Storage itu secara signifikan bisa membatasi jumlah akses penyimpanan yang bisa didapatkan aplikasi secara default.

Sedangkan aplikasi tertentu seperti pengelola file dapat meminta akses luas ke penyimpanan perangkat, aplikasi lain harus menggunakan API alternatif untuk menambah, membuka, mengedit, atau menghapus file di penyimpanan.

Dengan kehadiran fitur recycle bin, Google tampaknya ingin menunjukkan berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan oleh semua item yang dibuang. Fitur itu akan memperlihatkan jumlah file yang telah dibuang dan juga memungkinkan pengguna mengosongkannya.

Melansir Pocket Lint, fitur recycle bin ditemukan ketika membuka Penyimpanan di bagian Pengaturan. Saat pengguna mengetuk ‘Sampah’, Android 12 akan memunculkan kotak dialog yang memberi tahu berapa banyak penyimpanan yang diambil file yang dihapus di sistem dan memberi kesempatan untuk mengosongkannya.

Dengan kata lain, itu berfungsi seperti sampah yang ditemukan di sistem operasi desktop seperti Windows atau MacOS.

 

Leave a Reply

Chat WhatsApp