5 Perbandingan SEO vs Google Ads Serta Kelebihan dan Kekurangannya

 

Bagi anda yang sudah cukup mengerti digital marketing pasti sudah tahu apa itu SEO dan Google Ads atau Adwords, keduanya adalah cara agar kata kunci yang kita inginkan muncul di halam pencarian pertama Google. Namun untuk memunculkan website di halaman pencarian Google tidak sesederhana itu, ada dua cara yaitu dengan cara SEO (search engine optimization) dan iklan Google Ads atau Adwords

  1. Harga dan Biaya

SEO bisa saja gratis apabila anda bisa menerapkan sendiri, namun juga cukup mahal jika menggunakan jasa SEO yang rata-rata membutuhkan waktu 3-6 bulan.

Jumlah kata kunci yang muncul di halaman pertama adalah keuntungan terbesar menggunakan SEO karena akan lebih banyak menjangkau visitor secara organik setiap saat tanpa biaya.

Google ads bisa murah namun bisa juga sangat mahal tergantung kompetisi pengiklan. Rata-rata per klik saat ini mencapai Rp 700 hingga Rp 2500 tergantung wilayah

Selain budget harian, biaya Google Ads sangat tergantung kualitas score yaitu landing page website dan kompetisi pengikalan, anda tidak akan bisa memperoleh hasil terbaik tanpa mempunyai kualitas score Google Ads yang baik.

  1. Kecepatan Tayang

SEO tidak bisa memunculkan website anda dalam hitungan hari, anda harus bersabar menginvestasikan minimal 3 – 6 bulan bahkan 1 tahun agar kata kunci bisa muncul di halaman pertama Google.

Google Ads akan muncul dalam hitungan menit jika iklan anda telah di approve dan tidak menyalahi ketentuan Google. Namun  kemunculannya random sesuai budget anggaran dibagi ppc dan jumlah perkiraan jangkauan iklan.

  1. Durasi di Halaman Google

SEO semakin lama dikelola maka akan semakin banyak kata kunci yang muncul secara organik di halaman pertama Google dan bisa bertahan lama jika website tidak ada kendala, bahkan akan terus bertambah jika rutin di update konten websitenya

Google Ads akan muncul jika iklan diaktifkan dimana pengiklan bisa mengatur waktu jam tayang dan hari. Jika dinonaktifkan maka iklan tidak akan muncul, karena Google ads benar-benar mengandalkan budget pengiklan.

  1. Trust atau Kepercayaan pada User

SEO selalu diinginkan oleh perusahaan yang ingin membangun websitenya sebagai media digital marketing, karena kemunculan di halaman pertama bahkan nomer 1 akan meningkatkan kepercayaan.

Google Ads bisa meningkatkan namun juga bisa tidak,  karena pada dasarnya masyarakat tidak terlalu suka dengan iklan, namun ada banyak juga menilai bahwa perusahaan yang beriklan adalah parusahaan bonafit.

  1. Tujuan Utama

SEO bertujuan untuk meningkatkan dan membangun traffic website jangka panjang. Traffic atau pengunjung adalah kunci agar website bermanfaat untuk pemasaran dan bisa meningkatkan bisnis.

Google Ads bertujuan utama menghasilkan konversi, sales, transaksi atau penjualan dalam waktu yang cepat untuk mendapatkan profit, karena profit adalah sumber dari keberlangsungan sebuah bisnis dan usaha.

SEO dan Google Ads adalah hal umum sebagai layanan jasa digital marketing yang keduanya saling melengkapi. Karena SEO membutuhkan waktu maka untuk mendapatkan penjualan dalam waktu dekat mengandalkan iklan Google Ads.

Leave a Reply

Chat WhatsApp